counters

Jumat, 22 November 2013

SHALAT DHUHA,PENGERTIAN,TATACARA,DOA,MANFAAT

PENGERTIAN,TATA CARA,DAN MANFAAT SHALAT DHUHA




Pengertian Shalat Dhuha :
Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika masuk waktu duha.Apakah waktu duha itu?Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya ( kira kira pukul 7 pagi ) hingga waktu dzhuhur.jumlah rakaat shalat duha minimal 2 rakaat dan maksimal adalah 12 rakaat.Dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.

Tata Cara Melakukan Shalat Dhuha :
Cara melakukan shalat Dhuha hampir sama dengan cara melakukan shalat sunah pada umum nya
pertama tama di awali dengan membaca niat sebagai berikut :

Niat Shalat Dhuha
 أصلي سنة الضحى ركعتين لله تعالى
 Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa
(Aku niat shalat dhuha 2 rakaat karena ALLAH SWT)
  • lalu dilanjutkan dengan membaca doa iftitah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat Al fatihah.
  • Pada rakaat pertama hendak nya membaca surat asy-syam.(pada rakaat kedua hendak nya membaca surat al-lail).
  • ruku dan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  • iltidal dan membaca bacaan nya.
  • sujud pertama dan membaca tasbih 3 kali.
  • duduk diantara dua sujud dan membaca bacaan nya.
  • sujud kedua dan membaca tasbih 3 kali.
  • Pada rakaat kedua cara nya sama seperti pada rakaat pertama(hanya beda bacaan surat nya saja setelah membaca alfatihah).lalu setelah sampai ke tahap tasyahhud akhir,dan setelah selesai maka mngucapkan salam 2 kali ke kiri dan ke kanan.

Bacaan Doa Shalat Dhuha

Do’a Shalat Dhuha bahasa Arab :

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Do’a Shalat Dhuha bahasa indonesia

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin.


Arti Doa Shalat Dhuha

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.


Manfaat Shalat Dhuha
Shalat Dhuha memiliki beberapa manfaat untuk seorang muslim yang mengerjakan nya,antara lain adalah sebagai berikut,manfaat manfaat dari shalat dhuha
  • Manfaat atau faedah salat duha yang dapat diperoleh dan dirasakan oleh orang yang melaksanakan salat duha adalah dapat melapangkan dada dalam segala hal terutama dalam hal rizki, sebab banyak orang yang terlibat dalam hal ini.
    Dr. Ebrahim Kazim -seorang dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy-menyatakan bahwa gerakan teratur dari shalat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.
    Terlebih lagi shalat Dhuha tidak hanya berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi hari dengan rangkaian gerakan teraturnya, tapi juga menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari, sesuai dengan keterangan dr. Ebrahim Kazim tentang shalat, "Ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorfin. Zat ini sejenis morfin, termasuk opiat. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol.
HADIST-HADIST YANG MENERANGKAN TENTANG SHALAT DHUHA

Hadis Rasulullah SAW terkait shalat dhuha antara lain :
  • “Barang siapa salat Duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga” (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)
  • "Siapapun yang melaksanakan salat duha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan." (H.R Tirmidzi)
  • "Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah SAW salat dhuha 8 rakaat dan bersalam tiap dua rakaat." (HR Abu Daud)
  • "Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata,"Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang salat dhuha. Ia bersabda,?Salat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari)." (HR Ahmad Muslim dan Tirmidzi)
  • "Rasulullah bersabda di dalam Hadis Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat salat duha, karena dengan salat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani)
  • "“Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud)
  • "Dari Abi Zar r.a. dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Setiap pagi ada kewajiban untuk bersedekah untuk tiap-tiap persendian (ruas). Tiap-tiap tasbih adalah sedekah, riap-tiap tahlil adalah sedekah, tiap-tiap takbir adalah sedekah, dan menganjurkan kebaikan serta mencegah kemungkaran itu sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan dua raka'at salat Dhuha.” (HR Muslim)
 demikianlah salah satu kutipan tentang shalat dhuha yang bisa saya bagikan dan saya jelaskan,smoga mnjadikan manfaat untuk kita smua.mohon maaf bila dalam penulisan terdapat kekeliruan.
ﺃﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻀُﺤَﻰ ﺭَﻛَﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌﺎﻟﻰَ
ﺃﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻀُﺤَﻰ ﺭَﻛَﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌﺎﻟﻰَ
ﺃﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻀُﺤَﻰ ﺭَﻛَﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌﺎ

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Saya menyarankan juga .

      HANYA KEPADA ALLAH lah tempat kita meminta pertolongan . Serahkan semua urusan sama ALLAH tapi kita juga usaha dan doa .
      Insya Allah berkah dan beres.

      Bukan dengan pesugihan :(

      Hapus
    2. Henny Mursid. Boleh minta kontak Wa atau Ig nya dong? 😁

      Hapus
  2. Ijin Copas Gan, Untuk Tugas Sekolah

    BalasHapus
  3. Pesugihan adalah perbuatan syirik yang tidak ada ampunannya.maka segeralah bertobat sebelum terlambat.

    BalasHapus
  4. Pesugihan itu musyrik apApun bentuknya ..jadi bertobatlah .

    BalasHapus